Rabu, 29 Mei 2013

Siwi Harap Kualitas Seni Sulut Meningkat

Meiske Siwi
Kepala Taman Budaya Prov. Sulawesi Utara Meiske E. Siwi, SPd, MPd memaparkan harapannya agar kualitas kesenian Sulut bisa meningkat. Hal sesuai misi instansi yang dipimpinnya ini disampaikan dalam Temu Seniman Sulawesi Utara yang dihelat di Teater Tertutup Taman Budaya, Selasa (28/05), kemarin.
“Ada empat poin utama yang menjadi misi kami, yaitu meningkatkan kualitas seni daerah Sulut, meningkatkan profesionalisme pengelola atau pekerja seni, meningkatkan apresiasi seni bagi masyarakat, dan mewujudkan industri budaya sebagai salah satu andalan penghasilan daerah”, ujarnya.

Lanjutnya, seniman Sulut harus mampu mengejawantahkan ekonomi kreatif dan industri demi kemajuan bidang seni budaya di daerah.

“Mengacu pada Inpres No. 6 Tahun 2009 tentang Ekonomi Kreatif, maka yang termasuk dalam kelompok ekonomi kreatif mencakup arsitektur, desain, fashion (mode), film, video, fotografi, kerajinan, dan musik”, kata perempuan murah senyum ini.

Menurut Siwi, yang termasuk juga dalam kelompok ekonomi kreatif di antaranya pasar seni dan barang antik, penerbitan dan percetakan, periklanan, permainan interaktif, penelitian dan pengembangan, seni pertunjukan, teknologi informasi dan piranti lunak, televisi dan radio, serta kuliner sebagai sector tambahan.***(Hadi)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar